Alex Noerdin: Lawan Persija Harusnya Real Madrid

Alex Noerdin: Lawan Persija Harusnya Real Madrid
Prihatin Kepala Daerah Lemah
Selasa, 05 Juni 2012 , 11:43:00 WIB
Laporan: Aldi Gultom

ALEX NOERDIN/IST


RMOL. Dunia sepakbola Indonesia semakin keruh dengan pertikaian. Tidak cuma keruh oleh keributan di antara para pengurus PSSI, tapi dalam waktu sepekan saja, dua tragedi persepakbolaan nasional terjadi dan merenggut nyawa penggilanya.
b
Pada Minggu (27/5), tiga suporter tewas ketika tim Persija bertanding melawan Persib Bandung di Gelora Bung Karno, Jakarta. Sepekan kemudian (Minggu, 3/6), satu orang pendukung Persebaya Surabaya, tewas ketika timnya berlaga melawan Persija di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Jawa Timur.

Kenyataan itu membuat Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan yang kini tengah berlaga di arena Pilkada DKI Jakarta, merasa risih dan prihatin. Secara khusus dia menyoroti peran pemerintah daerah sebagai pembina klub sepakbola.

"Dari pengalaman saya sebagai gubernur Sumsel, klub sepakbola itu harus loyal dan setia pada pemiliknya," ucap Alex Noerdin dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (5/6).

Dia mengumbar pengalamannya pada satu kali pertandingan Sriwijaya FC bertanding melawan Persipura di Jakabaring, Palembang dan hasilnya Sriwijaya menang 2-1. Kala itu Persipura mogok main. Hampir terjadi kerusuhan suporter. Tetapi ancaman rusuh itu bisa dicegah karena dirinya langsung turun ke lapangan.

"Saya katakan, saya Haji Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan. Kalau masih percaya pada saya jangan berkelahi. Akhirnya mereka diam. Ini karena saya tegas melihat situasi. Kepala daerah meski tidak hobi bola, harus turun, saya juga tidak terlalu hobi bola tapi harus tanggung jawab dan jangan pura-pura tidak tahu," urainya.

Terkait kenyataan bahwa pendukung fanatik Persija Jakarta (The Jak Mania) kerap terlibat keributan antar suporter, menurut dia seharusnya Gubernur DKI Jakarta mesti turun langsung memberikan jaminan keamanan. Gubernur DKI harusnya mau bersentuhan langsung dengan The Jak untuk pembinaan.

"Kalau saya Gubernurnya, saya akan damaikan persoalan atau konflik The Jak dan Viking (suporter Persib Bandung). Saya akan temui pimpinan daerahnya. Pasti bisa didamaikan meski kedua suporter ini musuh bebuyutan," ucap Cagub yang diusung Golkar, PPP dan PDS itu.

Menurut dia, jika sebuah klub terancam dilarang bermain di kandang sendiri karena alasan keamanan, hal itu sungguh memalukan dan merusak citra kepala daerah dimana klub itu bernaung.

"Persija harus punya stadion sendiri seperti kami di Sumatera Selatan yang punya lapangan bagus-bagus. Lawan Persija itu harusnya Real Madrid, bukan kami-kami ini. Tapi bagaimana Persija mau bangga kalau home base tidak punya?" tandasnya. [ald]

link: http://nusantara.rmol.co/read/2012/0...a-Real-Madrid-

...gimana mau lawan real madrid?..lha wong liganya juga tidak diakui fifa...
:cd
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...