Online Banking di Indonesia Paling Lelet Se-ASEAN

TEMPO.CO , Jakarta - Compuware merilis temuan mengenai tingkat respons layanan online banking di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara yang diambil sebagai sampel adalah Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Filipina.

"Kami mengambil sampel dari bank pemerintah, asing, dan swasta," kata Dimas Widiaksono, Chief Representative Compuware Indonesia, melalui surat elektronik, Selasa, 12 Juni 2012. Di Indonesia, sampel online banking yang diambil adalah layanan dari Bank Mandiri, Citibank, dan CIMB Niaga.

Perusahaan yang bergerak di bidang web performance ini melakukan riset tersebut setiap jam selama empat minggu, sejak November 2011 sampai Januari 2012. Pemantauan layanan online banking ini diketahui dengan cara menanamkan aplikasi Gomez SaaS dan last-mile test di dalam cloud.

Hasilnya, rata-rata waktu yang dibutuhkan layanan Internet banking di Indonesia untuk merespons setiap klik sekitar 9,553 detik. Waktu ini lebih lama ketimbang Filipina dengan rata-rata response time 8,775 detik, Vietnam (2,784 detik), Thailand (1,331 detik), Malaysia (5,34 detik), dan Singapura (1,284 detik).

Waktu respons yang diukur Compuware meliputi tempo yang dibutuhkan mulai dari akses halaman utama, aplikasi atau konten web, sampai layanan yang disediakan pihak ketiga.

Selain menghitung waktu respons tiap layanan Internet banking, di dalam riset yang telah dilansir situs teknologi Zdnet ini Compuware juga menganalisis availability atau kecakapan sistem dalam memproses setiap transaksi, termasuk pengunduhan dan potensi kesalahan.

Peringkat pertama dalam segi availability diraih oleh Singapura (100 persen), Vietnam (99,57 persen), Thailand (98,9 persen), Filipina (97,57 persen), Malaysia (96,7 persen), dan Indonesia (96,63 persen).

http://www.tempo.co/read/news/2012/0...Lelet-Se-ASEAN

LELET :capedes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...